• JL. Cok. Agung Tresna, Denpasar, Bali
  • April 20, 2024

Dishub Bali Bahas Penentuan Koridor Prioritas Inter-Ulapan “Ubud Konektor”

Dishub Bali Bahas Penentuan Koridor Prioritas Inter-Ulapan “Ubud Konektor” Kamis, 18 April 2024, Mewakili Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Bali I Kadek Mudarta selaku Kepala Bidang Keterpaduan Moda memberikan sambutan pembukaan dalam …

Dinas Perhubungan Provinsi Bali Dukung Pengendalian Inflasi dengan Gerakan Tanam Pangan Cepat Panen (GENTA PATEN)

Jumat (05/04/24) Dinas Perhubungan Provinsi Bali telah melaksanakan Gerakan Tanam Pangan Cepat Panen dalam rangka mendukung Pengendalian Inflasi di Provinsi Bali. Kegiatan ini merupakan tindak lanjut dari Surat edaran Gubernur Bali …

SE Gubernur Bali Tentang Tatanan bagi Pemedek/Pengunjung pada Pelaksanaan Karya Ida Bhatara Turun Kabeh di Pura Agung Besakih

SE Gubernur Bali Tentang Tatanan bagi Pemedek/Pengunjung pada Pelaksanaan Karya Ida Bhatara Turun Kabeh di Pura Agung Besakih

TUGAS DAN WEWENANG PPID PELAKSANA

TUGAS PPID PELAKSANA

Tugas PPID Pelaksana diatur dalam Peraturan Gubernur Bali Nomor 42 Tahun 2022 tentang Pedoman Pelayanan Informasi Publik dan Dokumentasi di Lingkungan Pemerintah Provinsi Bali sebagai berikut :

  • membantu PPID melaksanakan tanggung jawab, tugas dan kewenangannya;
  • menyampaikan Informasi dan Dokumentasi kepada PPID paling sedikit 6 (enam) bulan sekali atau sesuai dengan kebutuhan;
  • melaksanakan kebijakan teknis layanan Informasi Publik yang telah ditetapkan PPID sesuai dengan tugas pokok dan fungsinya;
  • mengkonsolidasikan proses penyimpanan, pendokumentasian, penyediaan, dan pelayanan Informasi Publik;
  • menjamin ketersediaan dan akselerasi layanan informasi secara cepat, tepat, berkualitas dengan mengedepankan prinsip-prinsip pelayanan prima;
  • mengumpulkan, mengolah, mengompilasi, dan memutakhirkan bahan serta data di Perangkat Daerah masing-masing untuk menjadi bahan Informasi Publik;
  • wajib memperhatikan aksesibilitas Informasi Publik bagi Penyandang Disabilitas; dan
  • menyampaikan laporan pelaksanaan kebijakan teknis dan Pelayanan Informasi dan Dokumentasi kepada PPID paling sedikit setiap triwulan atau sesuai dengan kebutuhan.

WEWENANG PPID PELAKSANA

Wewenang PPID Pelaksana diatur dalam Peraturan Gubernur Bali Nomor 42 Tahun 2022 tentang Pedoman Pelayanan Informasi Publik dan Dokumentasi di Lingkungan Pemerintah Provinsi Bali sebagai berikut :

  • meminta dokumen Informasi Publik dari Petugas Pelayanan Informasi di Perangkat Daerah; dan
  • menugaskan Petugas Pelayanan Informasi untuk menyiapkan dokumen untuk membantu PPID dalam melaksanakan pengujian konsekuensi atas Informasi Publik yang akan dikecualikan atau pembuatan pertimbangan tertulis dalam hal suatu Informasi Publik dikecualikan atau Permintaan Informasi Publik ditolak.

VISI DAN MISI

VISI

“Terwujudnya Pelayanan Informasi Data yang Prima”

MISI

  • Meningkatkan Pelayanan Informasi Data yang Akurat dan Akuntabel
  • Meningkatkan Sumber Daya Manusia dalam memberikan Pelayanan Informasi Data yang cepat dan tepat waktu
  • Meningkatkan Sumber Daya Manusia yang bersaing untuk Pelayanan Informasi Data

WAKTU LAYANAN

Dalam memberikan layanan informasi kepada pemohon informasi PPID menetapkan waktu pemberian Pelayanan Informasi Publik. Waktu Pelayanan Informasi Publik dilaksanakan sesuai hari kerja di Dinas Perhubungan Provinsi Bali yaitu Senin sampai dengan Jumat.

Senin – Kamis Pukul 07.30 – 15.30

Jumat Pukul 07.30 – 13.00

Di luar jam pelayanan itu, PPID Pelaksana pada Dinas Perhubungan Provinsi Bali mengandalkan aplikasi Bali Satu Data untuk memenuhi keinginan dan kebutuhan masyarakat akan informasi publik.