• JL. Cok. Agung Tresna, Denpasar, Bali
  • July 4, 2022

Senin(27/12/2021) bertempat di Cikini Plaza Renon Denpasar telah diselenggarakan agenda Akselerasi PLTS Atap sebagai Implementasi dari Peraturan Gubernur Bali Nomor 45 Tahun 2019 serta  penggunaan KBLBB sebagai  implementasi dari Peraturan Gubernur Bali Nomor 48 Tahun 2019 bagi Stakeholder di Provinsi Bali.              

Hadir dalam Kegiatan tersebut Kepala UPTD Trans Bali / Trans Sarbagita  Kadek Mudarta, Kepala Bidang Energi dan SDM Bali Ida Bagus Setiawan, Ketua Acara BEV Festival Indah Maharani, Dewata Electrolux Vehicle Assci Atiin (Deva ) Peter Kho,Jadek Alamsyah Suarjuniarta  dan I Gusti Ngurah Rahmanda Putra dari Dewata Electric Vehivle Association (Deva )

Dalam acara tersebut Dewata Electric Vehivle Association (Deva) menyambut Komitmen Pemerintah Provinsi Bali dalam pembangunan berkelanjutan dengan memulai wacana transisi ke kendaraan bermotor  listrik (Elektrik Vechicle atau EV) dan penggunaan energi terbarukan melalui Bali EV Festival (BEV FEST) 2022 untuk mendukung Bali  Clean Energi Transition dan ini juga sudah didukung oleh Peraturan Gubernur Bali.       

 Kadek Alamsta Suarjuniarta selaku Panitia BEV FEST menegaskan Dewata Electric Vehicle Association (DEVA) merupakan wadah bagi  penggiat kendaraan listrik dari berbagai Kalangan. Wadah ini didirikan pada bulan Maret Tahun 2021, sampai saat ini melalui pendataan Anggota di group whatsapp berjumlah 164 anggota terdiri dari latar belakang sebagai pengguna kendaraan listrik, pemegang  merek  kendaraan listrik, distributor kendaraan listrik, bengkel konversi, penggiat energi baru terbarukan, penggiat lingkungan, pegawai kantor pemerintahan, kepala dinas, politisi hingga  wartawan .     

                          

Selama ini DEVA sudah melakukan  sosialisasi terkait  manfaat  kendaraaan listrik serta membantu memberikan  masukan dalam rencana RAD KBLBB dan mengadakan kegiatan touring secara rutin menggunakan kendaraan listrik. DEVA dalam waktu dekat akan mengadakan Bali EV Festival di tanggal 3 hingga 9 Januari 2022, ini penting dilakukan  karena DEVA dan Komunitas Solar Panel Bali yang memiliki visi yang sama yakni membawa Bali untuk bertransformasi menggunakan Energi bersih.                                          

Pada acara dialog  didiskusikan terkait dengan peluang dan tantangan untuk menggunakan KBLBB dan Energi Bersih yang ada di Bali untuk mengubah tantangan menjadi peluang maka DEVA dan komunitas Solar Panel Bali berkomitmen untuk berkolaborasi  kedepannya di Tahun 2022. Dalam kegiatan Bali EV Fest yang dilaksanakan di bulan Januari ini akan mengadakan  beberapa rangkaian acara, seperti pameran kendaraan listrik  dari berbagai merek ternama seperti gesit, Viar, Makara United motor, Skutis, Volta, Elders Garage, Skute, Smote tidak ketinggalan juga hadir merek listrik Hyundai motor Indonesia.

Author

tkpe.diskominfosprovbali@gmail.com